Jumat, 01 Februari 2013

#jumatBERBAGI 1/2/13 RS FATMAWATI

Lawatan ke pasien anak pra sejahtera RS FATMAWATI hr ini sungguh berkesan. Sudah beberapa kali saya bertemu dengan Si A, tak tahu pasti usianya saya tebak 10 tahunan. Ke 2 matanya keluar dari soketnya, ia biasanya terus menangis kesakitan. Tapi hari ini ia tenang. Walau buru-buru karena harus menjemput Z dari sekolah, ada gerakan hati demikian kuat untuk menyapa Si A yang kebetulan saya lihat ada mamanya mendampingi.
"Bagaimana keadaannya hari ini?" sapa saya. Si mama tersenyum.
Saya tersenyum. Saya mengerti kecanggungan ini. Saya hanyalah seorang asing, wajah yang pernah dilihatnya beberapa kali.
Saya menatap mata mama Si A.. Tersenyum.. Kemudian perlahan mengelus pundak beliau.
Semerta merta ia menangis.. Tersedu..
Tanpa mengatakan apapun, saya peluk tubuh setengah baya itu. Kemudian saya bisikkan "Mama harus kuat menjalani ujian ALLAH ini."
Ia masih menangis. Saya biarkan.
Saya elus lengannya, kemudian memberikan no hp saya. "Silakan hubungi kapanpun diperlukan."
Ia mengangguk. Tersenyum.

Hal yang sama terjadi pada mama si kecil AN.. Saat saya menyapa mama, uraian air matanya tak terbendung.

Begitu dahsyat penderitaan mereka, saat seorang asing membuka diri untuk mengambil sedikit beban mereka dan memberi sedikit kemudahan dalam keadaan yang terasa begitu menghimpit, AKHIRNYA EMOSI MEREKA BISA LEPAS.. Kemudian seolah ada energi baru untuk menghadapi tantangan dalam menggapai kembali kesehatan buah hati mereka. Ada harapan. Ada yang peduli.

Empati yang datang dari hati tak perlu kata-kata. Cukup senyuman pengertian dan sentuhan tulus pada jiwa yang lelah dan kesepian.

#BERBAGI adalah gerakan hati.

1 Feb 2013 #jumatBERBAGI
Ina Madjidhan
www.gerakanberbagi.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar